Buku Tamu

Keris Solang 7 Bogani


Keris Pusaka dan “LONGKAB”


Keris tersebut diserahkan oleh orang-orang tua di Djawa pada saat itu yang menerima kebetulan berada di djawa. Keris tersebut adalah asli. Keasliannya ialah menurut historis adalah dipakai oleh  orang-orang tua kita (Bogani-Bogani) pada saat mereka berperang, pada saat itu atau istilah “SOLANG” dan dipegang oleh Bogani “KOROMPEAN” diantara 7 Bogani yaitu :
  1. Bogani "Darwatoi"  (Marwatoi)
  2. Bogani "Alugarang" (Mungarang)
  3. Bogani "Mogedag" (Talenga)
  4. Bogani "Durian" (Dugian)
  5. Bogani "Bantong"
  6. Bogani "Ojosang" (Ojotang)
  7. Bogani "Korompojaw" (Korompean).
Keris ini memang “Panas” bekas alat perang pada saat itu. Karena “BENGKO” bekas "Pinosolang in Bogani-Bogani. Pinonampang Pinonisi Kontosabuan bo dia Kosaawa, ni mogurus, mogonow, monaindi, eda inta pinoposarimaan ni inantagnja sampe mokobojo-bojo nadoonan tua longkab pusaka mogogiyang dia don inonowan bosinompia. Rongkab tanaa totok pabi pusaka muna karena naapa bekas pinobilorian koan Bogani Gorontalon inta ki palobaol".

"Gama ino bengko –ninitan in tosimbanoi Onownja : Bango malunow sinib ujung bolonoban bonuan. 7 manduru, 7 bulangawang, 7 nokoid in korimbonga, 7 nokoid (tubu in tukui). Bonoeon kom bango bo ponapu kon gumanja, bausua taboion in mogusalong ni tudu karamat Bumbungon, bo ni dingogan moluko moalus."

Referensi :
S. Pomayaan. 17 Agustus 1972. (Z.P. Mokoagow. Buku Himpunan Catatan Pra-Sejarah Totabuan. Sinindian)

12 komentar:

  1. kadangkala saya berpikir tentang sejarah asal muasal ttng orng mongondow,knapa tidak ada tanda2 sejarah bahwa org mongondow adalah suku tertua di dataran sulawesi,klo di lihat dr apa yg slama ini di tulis trllu bnyak dongengan,crita kturunan hnyalah sperti dongengan jika di bndingkan dengan kerajaan2 di pulau jawa yg lebih masuk akal,saya berpfikir jangan-jangan org mongondow punya kerajaan yg hilang coba perhatikan gunung ambang danau mo"oat danau tondok,itu bekas letusan gunung yg sangat dshyat,jangan2 sisa2 peninggalan kerajaan yg hebat bolaang mongondow terkubur tak berbekas akibat letusan gunung yg dshyat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya disisi lain juga sejarah bolaang mongondow saya belum terlalu jelas karna di artikel yg pernah saya baca dan artikel yg lainya beda2 dan susah di pahami karena ceritanya itu beda2. Kalau untuk namanya sih sama jalan ceritanya aja yg bedah2 di setiap artikel2 yg ad di internet.

      Hapus
  2. contoh : pernah ada pengeboran air sumur di wilayah sekitaran kopandakan,pada kedalaman sekitar 11 meter yg munculptongan2 kayu yg lapuk terkubur didasar...smoga cepat atau lambat akan ada bukti2 pra sejarah yg dapat membuktikan lebih rasional dan logika ttng sejarah mongondow,kerajaan di pulau jawa jauh sblum msuknya para penjajah ternyata sudah mampu mmbangun sebuah kota yg hebat..contoh candi borobudur dll,.sebagai orng mongondow asli apakah qta harus bangga ternyata asal muasal kturunan mongondow berasal dari tlur burung?????hahahay nga masuk akal!!!

    BalasHapus
  3. dan kalau ternyata benar kerajaan jawa pernah memberikan 7 keris yg di gunakan para bogani jangan2 para bogani jauh di jamannya sdh mnguasi teknologi contoh membuat keris dll,..jangan2 mongondow mmpunyai peradaban yg hebat,atau jangan2 kota yang hilang yg di cari2 para pelaut dunia adalah kerajaan qta yang dan pernah menghebohkan jagad raya...contoh di dataran dumoga pernah di temukan kuburan yg di buat di tebing curam pada ketinggian,jangan itu adalalah bentuk ke khawatiran dari bencana yg meluluhlantahkan kerajaan mongondow.....

    BalasHapus
  4. bangga aja jadi keturunan mongondow, yang harus diresakan itu ada banyak generasi penerus yang tidak tahu berbahasa mongondow.

    BalasHapus
  5. jangan dulu cari peningalan2 keris ataw semcam candi,yg kita lestariakn dulu peningalan dan bukti nyata yaitu bahasa mongondow,sya setuju dengan coment yang di atas banyak warga yg tidak tau bahasa mongondow,saya percaya kerajaan mongondow itu besar dan itu bisa di lihat dari peta sulut dimana bolaang mongondow punya 50% luas wilayah suluT(sebelm pemekaran)

    BalasHapus
  6. pertanyaan saya dimana saja tempat pemakaman para bogani-bogani dulu kok yang di posting cuma yg di matali dan passi yang lain dimana....???

    BalasHapus
  7. Kerajaan sesungguhnya masih kontraversi karna sejak asal usul bolaang mongondow sampai sekarang ini seakan menghilang karena kuburnya kakek kita di pasi bersama istri ada, dan tidak ada yang tau siapa aja keturunan kakek bogani.

    BalasHapus
  8. Bolaang mongondow bukan suku tertua dan Kerajaan pertama di dataran Sulawesi Utara minahasa pun bukan suku tertua dan Kerajaan pertama di Sulawesi Utara bgtu pula dgn gorontalo mereka bukan suku tertua dan kerajaan pertama di dataran Sulawesi, Bolaang mongondow dan minahasa pun bukan asli pribumi Sulawesi Utara, kita kembali melihat sejarah suku mongolia. Dan kalian cek tentang sejarah Kerajaan bangun atau disebut dgn pinogu itulah Kerajaan tertua asli pribumi Sulawesi Utara dan suku asli pribumi Sulawesi Utara, untuk orng" Mongondow mereka adalah peranakan dari orng" Mongolia dan bangio atau pinogu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap suku-suku memiliki hikayat tentang leluhur mereka masing-masing yang menjelaskan eksistensi mereka di semenanjung utara sulawesi.
      Kecuali konteksnya mencari asal muasal suku itu boleh dikaitkan dengan wilayah luar

      Hapus
    2. Ijal iko dengar pa sapa... Bangun ini apa Kinotobangunan klan yg pernah di pimpin Inoungkoe??

      Hapus
    3. Sesuai yg kt dengar dari nenek yg ja b pangge bogani di kotobangib dia dengar daru depe papa ttng zmn duku di tontulon(antara komangaan dan solimandungan) Bogani bataria situ kong Turki Mongol mundur bale k kapal.

      Hapus

 
Copyright © 2012. Lipu' Kobayagan - All Rights Reserved.
Proudly powered by Blogger